22-25 Juni 2011, rumah bu dukuh :D
bukan rumah biasa
tersimpan sejuta cerita disana
berdindingkan batu bata tempat menyandarkan punggung lelah ini
beralaskan lantai putih tempat mendinginkan jemari kaki lusuh ini
diselimuti tikar sebagai saksi perjalanan malam menembus mimpi
lantainya yang kesat telah kami kotori dengan berbagai barang-barang dapur
halaman belakangnya penuh dengan wajan-wajan kotor dan panci
entah cuaca hujan, mendung, atau panas, tetap saja memasak
tak hanya ahli masak, sempat angkat-angkat pun cukup jadi masalah 
lalu semuanya berbeda, saat kami beranjak keluar
melangkah menuju padang tenda
anginnya mengajak tawur rupanya
tapi api meniadakannya
aih, dengan mantap menatap ke langit
bintang ketombe, pikirku
seperti tak punya malu saja, dia datang bersama kawan-kawannya
menciptakan rasi-rasi bintang yang kutaktahu pasti itu apa
jelas sekali, aih aku akan menyesal bila tak melihatnya
anginnya menyisir kelopak dan dedaunan


#spesial buat anak2 KOPAN -> KOnsum PANum. Terimakassi atas kerjasama dan bakti kita untuk desa Saptosari ^^ saya pribadi minta maaf ya kalau ada yang tidak berkenan di hati :D gomennasai minna.neba-gibuappu \m/ smoga kita smua dapat menarik hikmah di dalamnya wkwkwk KONSUM?!JOSGANDOS
nb: biggggthankss buat Afni Rochmania :*
S.T.E.M :D #3
Masih ingat, terakhir sekelas full pelajaran sampai jam 14.00 tuh hari selasa. Tanggalnya malah lupa. Seharusnya sih hari rabu, tapi saat itu pelajaran pada kosong dan terjadi mati listrik yang memadamkan lampu-lampu sehingga computer jua tidak bisa menyala. Kukira kalian sudah tahu tentang itu. Oke, kalau ngomongin jadwal jadi teringat dengan jadwal IPA3 kita. Pernah nuntut ke Pak R buat ngerubah susunan jadwal yang astaghfirullah parah banget itu. Tapi ternyata sampai sekrang, sampai kita dah kenaikan kelas, tuh jadwal gak dirubah2. Dan kita betah-betahnya hari kamis dengan 4 jam pelajaran fisika dan 3 jam pelajaran kimia. Hahahaha oke, kalau ngomongin tentang acara kelas, mmm. Mungkin bagi sebagian orang masih “masa bodoh” dengan hal itu y? Dan sebagian lain ada yang muluk-muluk mbuat acara kelas agar seimbang dengan kelas lain. Atau ada yang beropini lain? Ya, memang terasa sekali bagi saya. mmm, *tidak bermaksud nyinggung lho* cuman ngrasa kayak kita tuh tidak tau apa alasan kita mengadakan acara kelas ini :O dan apa manfaatnya bila acara kelas itu terselenggarakan. Soalnya, (kalau dari penulis sendiri) serasa euphoria acara kelas tuh cuman berlangung H-1, H, dan H+1 saja. Selebihnya kebanyakan lupa. Gak berbekas sedikit pun :O sukur2 alhamdulillah ada teknologi berupa kamera yang bisa mengingatkan kita “itu lho, pernah gini” wkwkkwk, apakah kalian merasakannya juga?atau ini hanya perasaan aneh si penulis saja?mmm.

oke, baru kemarin sabtu kita sekelas. eh, maksudnya orang tua kita yang sekelas. Hayoo, ada yang telat masuk g?jangan lupa ngambil surat ijin di piketan :D. Hmm, Alhamdulillah, di rapot kita tertera “NAIK KELAS XII” itu dah resmi belum sih?kadang bingung kalau ada yang nanya “kelas berapa?” jawabannya cuman nunggu ibuk njawab (?). Waaaaa, pasti ada yang dah nunggu2 balik ke kelas x ya?atau mungkin ada yang pengen kelas xii nya gak diacak lagi?mmm. Hahaha btw bagaimana pendapat Anda tentang kelas bureng??Aku mau nyeletuk. mmm, ternyata penyesalan itu gak datang diakhir lho. Dulu awal2 aku kelas xi tuh nyesel bgt (dibalang sandal). Tapi, stelah AKHIR kelas xi, aku sedih terharu bahagia bgt. Aih, bersyukur bgt aku sekelas ama mereka. Karena memang benar, teman sekelas tuh mempengaruhi belajar :D karena hal demikian, aku jadi merasa tergenjot belajarnya :D hahaha Dan satu lagi, karena sekelas ama anak-anak olim, jadinya kalau bingung ama suatu mata pelajaran, kita gak usah muluk2 nanya ke guru. mmm, kan biasanya nanya ke temen tuh lebih plooonng gitu. haha bingung mtk?tenang, ada joyo uzay yg siap ditanyai. bingung fisika?muthek dan stemy siap njawab :p. bingung bio?tenang, hunny ama iqbal ada. bingung kimia?ada tipek tuh :p dkk. pokoknya pas ada diklat olim gitu, kelasnya njut jadi berkurang byk bgt --“ ya ampun .hahahha
hah, kenangan tertinggal di STEM:

lisa          : wah, kita dah gak sebangku lagi, lissy (cozy)
muthia  : apalah hapemu tanpa bosokan dariku mut? #baik2 aja mil.
satyo     : waw, teknisi kita >.< apakah iphonemu akan aman?wkkw
rendi     : mmm, dah gak ada yang nanya pr pas awal2 kelas xi :p kecil bersuara keras #ra ngece lho :p
atma      : keramaian atma yang terpendam. dan sudah digali saat hepap#2 stem :D
fania      : akankah masih ramai tanpa azka? :|
redo      : sesuk she edan koyo pas karo STEM ra yo?mmm
ma’ruf  : besok apakah mbalek jadi di bangku terdepan bareng redo?hehe
deasy    : gak ada temen geje seni musik lagi :O masih ngapeli kamarmandi sebelum/sesudah pelajaran musik kah? #baru inget, dah gak ada pelajaran seni :(
runa       : pulsa2 #tetep aja yg diinget cuman pulsanya runa XD. .run, ati2 ama jebakan betmen :|
ella         : gak ada kodok2 di kelas #keroro maksudnya ;p
aninditaps: gak ada ketawa ama suara khasmu lagi nin :O masih suka rewel gak y?wkwkk
cicik        : aaa wakil ketua kita :O apakah dirimu dah aman dari jambul?wkwk
hanani  : cucuku :D udah g ada yg tereak2 “nenek” di kelas :(
zaki        : gak ada yg updet berita ttg politik ki. :O
joyo       : gak ada kembarannya pak saeb yg ngajar matematika pas pel. kosong :(
afanin   : gak bisa liat mbak paskib mbojo ama fanny di kelas(?)
avy         : cucuku :D udah g ada yg manggil “nini” di kelas :( masih ngetem di lobby kah?
fanny    : dah gak sekelas ama kembaranku. masih tidur sebangku ama afanin kah?wkwkkk
iqbal      : masih sering maju ke depan kah? #ups majas pleonasme
ayu         : masih bisa minjem buku catatan kan?:) yah, gak ada temen ke kmar mandi.
fira         : cucuku :) yah, gak ada yg suka mbosok di kelas. mmm
haydar  : tetaplah jadi sie pubdok kelas sejati. gak bisa liat darjo ama stem maem bareng :O
uzi          : anakku :) jgn jadi durhaka (?). gak ada yg manggil “bunda” di kelas. tanya mtk msih bleh?wkwk
azka       : di kelas dah gak bisa liat faniazka :O kalau kangen, mampir gih. nek gak fania ke kelasmu :p
evi          :mmm, trendsetter bersama aninditaps wkkwk. iyakan ‘bebsss’?. dah gak bisa liat epol dolanan upil nang kelas.
aji           : dah gak ada tukang di kelas :O (ada arief ding).
tifa         : dah gak ada MPK (memang pendiam/pemalu di kelas). ayo ngangkring bareng pek:D
adit        : wis ra ndelok jambul ngacung saat ditanya “mana ketua kelasnya?”. mmm dan mesti beberapa detik kemudia teriak “cik, wakilke kelas kono” (?)
rifa’i       : stem dah gak sekelas ama uzay = gak dibully lagi. sudah tentram kah?mmm
lakas      : ke ipa8 ya kas? hmm, wah gak ada yg nyanyi2 galau pelopor boyband kelas STEM lagi. Lakas dan Fira benar2 sudah pisah (kelas).mmmm

Hmmm, kelas baru. tenang2, gak cuman kita yg lagi adaptasi. Pasti hampir semuanya. Atau jangan-jangan di kelas XII ini malah masih ada yg maennya ama sekelas XI-nya. tak mengapa :D pintar2 adaptasi aja ya. uuhh aku gak merasa kehilangan karena kita pisah kelas. Karena STEM selalu di hati <3 dan sudah saya tancap setiap detik bersamanya. BUTEM?APA KABAR? :)
 #senin, adek2 kelas ix dah pada ndaftar Teladan :D ada yang manggil "halo calon kakelku (lagi)" wkwkwk. 
#mungkin ini postku yang terakhir tentang STEM :"D aaaaaa, sudah tidak ada lagi yang bisa dikenang #mah ngopo.

yang diam yang dicemburukan pada (doh)
iri kau dengan angin
setangkai bunga pun ku irikan pada
kau berinya air setetes demi sebaskom
tak lupanya, dibelai pulalah daun menjulurnya
dibingkai pula mahkotanya
duri tajam dari dianya kau acuhkan
terbelalak mata melihatnya kau
putihnya buat malu jadi
senyum selalu kau berikan pada
sebelum kau akhiri tidur malammu
dilanda sesallah aku,
knpa kuberi kau bunga dulu?
cemburulah aku #ngakak HAHHAHAHAA
yang menggetarkan ranting..
Hening
ya kau tahulah, saat itu jarak kami hanya 10 ubin 30x30
bingung ingin memasang mimik wajah apa
bahagia?atau bahkan menangis?
akupun tak inginkan kebenaran kenyataan ini
tapi inilah yang telah terjadi, kau harus tahu
 
memang kadang jujur itu mengerikan
beban bagi mereka yang jarang memikul
kadang jujur itu pun tidak perlu
dan kadang orang-orang tidak butuh kejujuranmu
 
aku tak habis pikir
padatan kata-kata yang telah kukarang dan kuhafalkan
sampai mulut ini berbuih
tak ada satupun yang melekat
saat aku berhadapan denganmu
 
menatap wajah polosmu,
yang belum tahu tentang gelapnya fakta ini
aku tak ingin buatmu jadi wajah yang datar
aku tak ingin buatmu menangis
aku tak ingin buatmu harus capek-capek berkata
“ini tidak mungkin”
 
kadang mencari cahaya tidak perlu dengan melotot
cukup tutuplah matamu, dan ingatlah aku #iki mah mbosok XD
#terinspirasi, tadi siang habis ndekem di perpus :D mbaca buku2 kumpulan puisi apaaa gitu, hohoho #lagi nyari semangat buat kemah (:
Posting Ngedan Part #18
Seharusnya singkat,
Tak perlu basa-basi
Tak perlu berlama-lama alasan tuk bareng 
Langsung to the point saja
Gak usah berbelit kalau endingnya malah miskom
Gak usah muter-muter kalau endingnya di depan mata
Seharusnya singkat,
Gak pakek acara tunggu-tungguan
Padahal startnya barengan
Selangkahmu samadengan dua langkahku, nih
Tunggu aku, aku kan lari!!
Seharusnya singkat,
gitu?
Tapi terkadang yang singkat itu "atos" :D don't like this..
#sunday night :| now i'm not in a good mood and i can't think normally :| you stole my mind!!my brain!!aaaah, return it back!! #bosok bisa kapan saja B-)
Posting Ngedan Part #17
setelah lama penantian. kini dari balik sudut tirai kamar. terlihat jelas tetesan air hujan ini. ah, hujan bulan juni. yang dinanti-nanti sejuta banyak orang. yang akan membuat sejuta orang juga tersenyum menyambutnya. bagi mereka si penanti yang sabar.
Aromanya yang khas sudah tidak asing lagi. langitnya masih biru bening benar. awannya bagai karpet merah bersahaja. butiran airnya lembut jatuh membentuk riak yang senada. saling menutupi kesalahan tempo jatuh yang diperbuat. agar tidak terlihat asing. agar tak mengecewakan si penanti. Alhamdulillah
"jangan tutup pintunya rapat2!!agar hujan dapat datang sesuka hatinya"
masih melanjutkan penantian ..

#pagi hari, di rumah sndirian menikmati, masih sulitnelen dan pusing, panas turun :D.alhamdulillah (ˇˇ)--c<ˇ_ˇ') (emot dari mb shasa :D)
Posting Ngedan Part #16
Habis waktumu untuk mengeluh. Ya, aku masih berbaring di pulau kapuk. Tak jarang tertidur pula. Tanpa ada satupun mimpi yang singgah. Lalu terbangun dan mendapati jam wekerku masih tidak mau bergerak. Sepertinya dengan aku tidurpun, jam weker itu takkan mau bergerak. Tak habis pikir. Melihat telepon genggam yang sudah beralih fungsi jadi jam beralarm. Masih jam 9 malam rupanya. Saat yang lain mulai dengan rasa kantuknya aku sedang perang melawan panas, pusing, dan hidung tersumbat. Ah, aku merasa dirugikan tidak bisa menikmati malam ini. Tapi aku tak salahkan siapa-siapa kecuali pribadi ini. Keledai benar, lebih parah mungkin. Tak sekedar jatuh di lubang yang sama, tapi jatuh terjerembab terguling-guling hingga masuk ke abad yang lain dan menyadari kalau aku melewati pintu kemana sajanya doraemon. Sesekali menatap malu-malu ke boneka nemoku, sepertinya dia sudah tersalurkan panasku, gara-gara sejak tadi kupeluk. Ah, bosan sekali hanya berbaring saja. Tapi, pusing ini tak mau diajak kompromi, batinku. Paksakan kehendak demi mengusir kesepian. Nyalakan komputer pun dilakukan sudah. Hanya sekedar say “hi” inginku. Tapi ternyata tiba-tiba raga ini menolak. Entah sekian banyak orang-orang yang sedang oL dan memasang status-status bahagia. hmm, rupanya mereka sedang berbahagia sekarang. Dan aku?aku takkan mengecewakan mereka. Aku takkan melunturkan senyum emoticon itu. Biarlah hanya aku yang sedang terpuruk disini. Mencoba ikut-ikutan memasang status tersirat “di tengah kondisi sekarang ini, melihat bulan menjadi dua bahkan lebih, berputar2, takkan mengurangi keindahanmu. malah bahkan lebih!!”. kau tau maksudku kan?maksudku itu, aku sedang pusing. Tapi tak dinyana, tak ada yang menggubris. Mungkin mereka sedang tidak berada di depan komputer. Aku sudah tidak sanggup. Akhirnya aku kembali tertidur di pulau kapukku. 
Bangun lagi, melihat jam yang sudah tidak bisa aku percaya. Melihat layar terang, meratapi empat nickuser yang ng-chat aku. Ah, masih ada  rupanya. hahaha. tertawa hambar. Maaf, aku tak bisa membalasnya satu persatu, langsung  saja kumatikan komputerku secara paksa. Cabut kabelnya. Ya, benar. Kembali menatap langit-langit kamar. Menggenggam telepon genggam. Menyusuri ‘menu’. Mengklik ‘message’. Mulai mengetikkan pesan, ‘send’ memilih beberapa nomor orang-orang dari yang mengerti situasiku dan yang jarang berkomunikasi denganku. OK, semua membalas, tapi ada satu dua yang tidak membalas. Hmmm, mayoritas memang mereka tidak tahu tentang sakitku kecuali mereka yg sbelumnya sudah kuceritakan. Dan mereka gak smuanya to the point menanyakan kabar. Paling-paling kalau topik smsnya mengarah tentang kesibukan, nanti aku baru menjawabnya dengan “lagi pusing gak bisa ngapa2in”. Namun, tidak sedikit juga yang tidak bisa dipancing-pancing untuk tau ttg penderitaanku. Tak mengapa. Tak pentinglah. Yah, kesimpulanku adalah mereka tidak akan tahu jika kau belum menjelaskannya. Dan, mereka lebih memilih tau apa yang sedang kamu lakukan tinimbang tau bagaimana keadaanmu sekarang. Menurutku dua-duanya  penting untuk ditanyakan. Agar kita tidak mengganggu mereka bila sedang dalam keadaan tidak enak badan atau sedang sibuk melakukan sesuatu :D be respect!! 
#nb: nih tulisan yang fakta cuman dikit, terutama di kesimpulannya saja teman2 ^^v selebihnya hiperbola belaka hahahaha.
Kadang Sulit Dimengerti
Tak pernah absen kutanya kabarmu hari ini. Atau hanya sekedar say “hi” mungkin. sebenarnya setiap bertanya itu belum tentu karena tidak tahu, bukan? Kadang kuingin menjadi tempat pertamamu bercerita. Tapi sulit mungkin. Setidaknya kalau kau mau bercerita kapan saja, aku akan selalu menerimanya. Apa?kau butuh solusi? bagiku itu mudah. Aku akan selalu memberimu semua solusi-solusi ampuhku. Tapi terkadang aku bingung menulis kata-kata. Agar tidak bermaksud menyakitimu. Padahal hanya menulis “belum tidur?” lalu kau menjawab “kenapa?ngusir?”. Aku tidak bermaksud mengusirmu. Walau mungkin kau tak percaya. Kadang kalau sudah begini, pembicaraan menjadi dingin. Ingin rasanya memecahkan suasana ini. Tapi, aku tidak bisa melakukannya monolog. Karena pasti kau mengacangiku saat semenjak dirimu “mutung”.
“assalamualaykum” tulisku. “waalaykumsalam” jawabnya. selalu saja begitu. termenung sejenak. bingung ingin menulis apa. pasti dia muncul lagi dan berkata “ada apa?” setidaknya dia menganggapku ada dengan membalas chatku.
Kalau kau sedang kesal dan ingin memaki orang, makilah aku. Selama itu membuatmu tersenyum, itu tak mengapa. Walau sebenarnya aku tak bisa melihatmu di sejauh jarak ini. Tak mengapa bagiku belum pernah bertemu denganmu. Aku malah tak bisa membayangkan betapa bekunya nanti bila kau ada di depanku. tertunduk dalam-dalam.
Kau ingat?saat kau memintaku melihat keindahan alam itu. Aku senang, setidaknya aku adalah salah satu orang yang kau inginkan aku melihatnya. berarti kita telah melihat pemandangan yang sama!
Kau ingat?saat kau berjanji dan kau penuhi janjimu itu. Aku senang dengan caramu yang fair itu.
Kau ingat?saat kau mulai bertanya macam-macam. Dan kau paksa aku menjawabnya. Aku senang kau mau peduli denganku, dengan bertanya hal-hal tentangku.
Kau ingat?saat aku menyebutkan nama orang orang lain. Lalu kau terkejut dan tiba-tiba marah padaku. Aku senang caramu cemburu padaku. Setidaknya kau terlihat mempedulikan aku.
Kau ingat?saat kau bilang “kenapa tidak ada yang peduli padaku?”. sebenarnya kau salah sangka. kau benar-benar belum sadar rupanya. Aku disini malu tuk katakannya.
Kau ingat?saat kau tiba-tiba bilang “ada yang berjanji padaku untuk menjagaku”. aku senang, setidaknya ada orang yang membantuku menjagamu. walau mungkin kau hanya tau bahwa hanya dia yang menjagamu.
Kau ingat?saat kau meng-comment statusku. betapa bahagianya aku. namamu kini tak hanya ada dalam benak hatiku. tapi kini tertulis jelas di notif sana!
Yang tidak usah kau ingat. saat kau menjauh dariku. adakah kubuat salah?
Betapa senangnya, yang paling membahagiakan saat kau menuliskan namaku di chat maya itu. Ternyata kau masih mengingat namaku!! :) 
kemarin aku googling, nyari, ada gak ya bintang yang lebih terang dari kamu.
#lupa nengok ke matahari #wedi kobong
#pengen mbuat tokoh nggerus dan mesakke. dah kerasa belum? :-?
Posting Ngedan Part #15

langit biru
biru laut
laut mati
mati tiada
tiada mengerti
mengerti hati
hati retak
retak lumpuh
lumpuh harapan
harapan tinggi
tinggi langit
langit biru
kapan kau akan jujur? kapan aku kan jadi orang pertama yang tau keadaanmu?

“Ara, mari kita pulang” oh, Cheey rupanya. Kupeluk dia. Aku merindukan dirinya yang seperti ini. Bukan berarti aku hanya suka dirinya saat sembuh dan meninggalkan dirinya saat sakit.  Aku tak sekejam peribahasa `Kacang lupa akan kulitnya`. Ah, hari-hariku bersama Cheey ..melelahkan.. Dari kecelakaan setahun yang lalu itu. Menewaskan seorang gadis kecil, sahabatku juga. Sahabat Cheey juga. Sahabat kami. Terperosok ke jurang saat sedang berboncengan  bersama Cheey. Yang satu terantuk batu dan bertemu binatang buas. Yang satu terperosok semakin dalam, masuk ke semak-semak berduri, hinggap dan terjepit di pohon. Aku tau perasaan Cheey. Tapi kematian Tere bukan kesalahan Cheey juga. Cheey benar-benar terpukul. Tak bisa berpikir normal. Masuk RS keluar RS masuk RSJ dan baru sekarang keluar. Tak bisa tinggal diam. Aku harus menemaninya di lingkungan asing itu. Berpura-pura jadi pasien. Tak apalah, selama aku bisa mengetahui keadaannya langsung. 20 Mei lalu, dan sekarang 13 Februari. Benar-benar waktu yang lama untuk menyadarkan dia tentang kematian Tere. Dan untuk menghentikan dia berhenti berpuisi ria di depan pohon keramat yang notabene ada Tere disana. “Ayyoo, Cheey!!” “tapi kita mau kemana?” “memangnya kau mau kemana?” “aku bingung harus mencari Tere dimana. Dia pasti merindukan kita”. 
 muncul dan tenggelam. berpegangan erat agar takkan jatuh.
-end-
terimakasi kepada para pembaca posting ngedan ukk ku :) Posting Ngedan Part 12-15 :D cerita ini hanya fiktif belaka (cetha)..nama dan tanggal adalah tidak sengaja. Bila ada yang sama, jangan geer #plaakk.. sekian. hari ini ukk terakhir di Teladan (amin). pertanda berakhir ngedan ukk ku..tunggu ngedan2 slanjutnya ya :)
-mili

Posting Ngedan Part #14
Padahal belum kuijinkan
angin masuk menyeringai tawa
Padahal belum sempat kukatan “ya”
tapi dirimu telah tiada
 
Melihat punggungmu seraya pergi
menghalau burung mungil
tanpa menatap kembali
kau susur jalan itu
 
aku tak menolak pemberianmu itu
tapi aku tak katakan “tidak” untuk yang lain
bukan maksudku serakah, bukan
 
tapi jika kau tak sanggup
kau bisa pergi sekarang
semakin menjauh
EKG pun terngiang
 
Ah, lagi-lagi aku melihat Cheey terduduk disana, membaca puisi. Sudah gila benar rupanya. Orang macam aku saja tidak diajaknya bicara, kenapa pohon itu diajaknya pula berbincang. Ku duduk di sampingnya, sambil sesekali memperhatikan pandangannya yang kosong. Menepuk-nepuk seragam putih pasien yang sudah kumel ini. Tak lupa masih bergumam dalam hati “kapan aku keluar dari tempat ini?”. Tak juga digubrisnya aku. Lancang aku bicara “KAU SUDAH GILA YA?!” kulihat dia tersentak. Kulanjutkan perkataanku “kau harus bisa menerima kepergiannya dari sekarang!!kalau kau berlarut-larut, kau akan makin terluka, menatap kenyataan bahwa dia telah tiada!!lebih baik sakit sedikit sekarang atau perih amat sangat esok??” dia menengok ke arahku. Tangannya menggenggam penuh kesal. Aku tau, yang kulakukan itu salah. “KAU TIDAK TAHU!!BUKA MATAMU LEBAR-LEBAR!!dia masih ada disini. Dia masih punya janji padaku. Dia berjanji padaku. Dan aku berjanji padanya. Kita akan bertemu di gedung putih sana!bukan gubuk kumuh macam ini!” hentaknya seraya pergi. “Bodoh, harusnya tak usahlah berjanji toh tak ada yang tau esok apa kan terjadi. Setidaknya dia benar, tempat ini terlalu reot untuk kami” batinku. Kulihat sesosok putih itu pergi, gadis bergelimang perban, cepatlah sembuh SAHABAT. Aku sudah tidak kuat menemani dan menjagamu disini. Bisa-bisa aku terkena virus tidak kewarasan yang sering kutemui di setiap sudut RS ini T.T
suka atau tidak suka, tanpa kau ijinkan pula, kini itu jadi urusanku
Posting Ngedan Part #13
Langit pun merona
bulan menjangkar
melengkungkan dirinya
hingga ke sudut paling sempitnya

Aku iri..
mereka bisa menemukanmu
di tengah kerumunan itu
sedangkan aku, tidak

Aku iri..
mereka bisa melihat tawamu
sedangkan aku, tidak
hanya seonggok tanah yang kulihat

Aku iri..
mereka bisa berkumpul dan bertukar cerita padamu
sedangkan aku, tidak
hanya bisa melihat kau bahagia tanpaku

Aku iri..
mereka yang sering bercerita padaku
kini mulai menghilang dan enyah
karena daya tarikmu menarik mereka


Aku iri..
tidak bisa melindungimu..
hanya bisa berdiri sendiri..
dan selalu mendoakanmu :)

Aku iri..
kapan air mataku akan turun sebagai tanda aku bahagia melihat dia bahagia??
kapan aku akan merelakan kepergiannya?
bagiku masa lalu tak perlu diungkit
masalalu bahagia hanya seperti mengiming-imingi kita dalam kebahagian semu
dan masalalu sedih hanya seperti menyambar luka saja

“wah, langit telah meranum. Sepertinya aku harus pulang dulu, Sahabat” ungkap Cheey sambil mengelus bongkahan tanah di depannya. “Kering sekali, aku menunggu hujan bulan juni ini” tawanya merekah. Menipu sejuta orang yang melihat senyumnya.
Minum Air Putih Sebelum Makan Menyebabkan Kanker :O
pas mbukak2 file lepi, nemu artikel yang sumbernya darisini ..

Untuk mengurangi makan berlebih banyak orang minum air terlebih dahulu sesaat sebelum makan. Sebaiknya hilangkan kebiasaan itu, jika ingin minum sebelum makan lakukanlah satu jam sebelum waktu makan.
Mengonsumsi air terlalu banyak tepat sebelum makan memang membuat Anda kehilangan nafsu makan karena lambung menjadi penuh. Tapi minum air sesaat sebelum makan akan membuat proses penyerapan makanan oleh enzim menjadi lebih sulit.
Karena air yang diminum butuh waktu 30 menit mengalir dari lambung menuju usus. Sehingga jika minum sesaat sebelum makan, belum sempat air menuju usus sudah ditambah dengan makanan yang membuat enzim bekerja lebih sulit.
Profesor Hiromi Shinya MD, pakar enzim yang juga guru besar kedokteran di Albert Einstein College of Medicine AS, seperti dikutip dari karangannya, ‘The Miracle of Enzyme’, Sabtu (20/2/2010), menyarankan agar minum air putih dilakukan 1 jam sebelum waktu makan.
Seperti halnya tanaman, menurutnya ada periode yang baik untuk minum karena pengairan yang berlebihan pada tanaman akan membuat tanaman menjadi busuk dan layu. Sehingga ada periode waktu yang sesuai untuk tubuh minum air.
Cara ideal untuk mencukupi kebutuhan air untuk tubuh adalah:
1-3 gelas saat bangun tidur pada pagi hari
2-3 gelas, 1 jam sebelum makan siang
2-3 gelas, 1 jam sebelum makan malam.
Menurutnya yang harus diperhatikan adalah minum air setelah bangun tidur karena cairan yang hilang harus cepat diganti saat bangun tidur.
Profesor Hiromi tidak menyarankan minum air sebelum tidur tapi jika sangat haus bisa dilakukan satu jam sebelum waktu tidur.
Minum air sesaat sebelum tidur bisa mencegah terjadinya aliran balik. Walaupun hanya air, jika bercampur dengan asam lambung bisa memasuki tenggorokan dan terhirup ke dalam paru-paru yang dikhawatirkan risiko menderita pneumonia.
Biasakanlah tidur dengan perut kosong karena tenggorokan dirancang agar tidak ada yang masuk ke dalamnya selain udara. Jika masih ada makanan atau minuman, isi lambung akan meluap naik menuju kerongkongan saat Anda merebahkan diri. Saat itu terjadi, tubuh akan menyempitkan saluran pernapasannya dan menghentikan pernapasan Anda untuk mencegah isi lambung memasuki tenggorokan.
Banyak kejadian orang meninggal akibat serangan jantung pada dini hari. Penyebabnya adalah karena asam yang mengalir balik sebagai akibat makan atau minum larut malam, dan berakhir pada tertutupnya saluran pernapasan, kemudian napas jadi tidak teratur, kadar oksigen dalam darah berkurang dan akhirnya kurang persediaan oksigen menuju otot jantung.
Diakuinya, kebutuhan minum tiap orang berbeda tapi biasakan untuk minum air 6-8 gelas per hari (1,5-2 liter) untuk orang dewasa. Jika cuaca sangat panas misalnya maka orang akan membutuhkan minum yang lebih banyak. Sebaliknya orang yang mengalami sistem pencernaan lemah dapat mengalami diare jika minum terlalu banyak.
Banyaknya air yang dibutuhkan seseorang berbeda-beda tergantung pada ukuran tubuh orang tersebut dan apa yang dianggap sesuai untuk tubuhnya. Hanya saja tetap perhatikan waktu-waktu untuk minum yang ideal, di luar kebutuhan minum lainnya.
Jika kebutuhan air terpenuhi dengan baik maka Anda akan jarang terkena sakit. Saat kebutuhan air terpenuhi, air akan melembabkan area-area dalam tubuh yang mudah diserang oleh bakteri dan virus seperti daerah bronkus (pipa saluran pernapasan), mukosa lambung dan usus. Dengan begitu sistem kekebalan tubuh menjadi aktif sehingga area-area tersebut menjadi sulit diserang virus atau bakteri.
Sebaliknya jika air yang dikonsumsi kurang, membran mukus pada bronkus akan mengalami dehidrasi dan mengering, dimana dahak dan lendir diproduksi dalam bronkus. Jika tidak ada air yang cukup maka dahak dan lendir akan menempel pada bronkus yang kemudian menjadi tempat berkembangbiaknya virus dan bakteri.
Air penting bagi tubuh. Jika tidak ada air orang tidak hanya kekurangan gizi, tapi kotoran dan racun juga akan terkumpul di dalam sel dan tidak dapat dikeluarkan. Efek buruknya, racun yang terakumulasi itu akan merusak sel-sel gen yang salah satunya bisa menyebabkan berubahnya gen menjadi sel kanker.

 intinya, jangan minum sebelum makan :O

  • sholat2 :D

    Labels

    sejarahnya. .

    hosh..hosh... blog ini dibuat untuk menyelesaikan tugas T.I.K kepada guru T.I.K JHS kami tercinta *huek* pak Wied,, Hua,,karena telah meninggalkan JHS rasanya sedih sekali. Pengen mbalek lagi,, ^^
    So, blog ini ngingetin aku tentang seperdelapan dari kenanganku di JHS,,watattata

    you're

    About Me

    Foto saya
    bismillah :) Hasbunallah Wani'mal Wakil

    Perkembangan Blog..

    Setelah sejarah yang terjadi di bawah ini, blog ini perkembang bukan sebagai sarana informasi lagi :D peace. Tetapi jadi sarana curhat dan wadah emosi. Jika berkenan, silakan dibaca :D tanpa bermaksud sara dan menjatuhkan nama baik :*